Selamat datang di Blogger’s Share Pengalaman | Wadah berbagi informasi seputer tutorial, trik/tips, artikel dan software. | Ikuti terus update postingan terbaru dari kami. | Anda juga dapat merequest artikel, tutorial maupun software terbaru full version, melalui layanan pesan posting yang terdapat di blog kami. | Terima kasih telah berkunjung di blog kami. Semoga postingan-postingan kami dapat menambah wawasan anda! | Salam Admin Blog: Supardin Waly |

SEO BLOG & TEMPLATES

Antispam

Sunday, 18 October 2015

Pengertian Sistem Politik

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Privacy policy
Privacy policy

PENGERTIAN SISTEM POLITIK

Sebelum kita masuk pada pengertian sistem politik alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu sistem dan apa itu politik, sehingga tercipta pemahaman pemahaman yang mendalam terhadap pengertian sistem politik.

Sistem Politik

Pengertian Sistem

Suatu kesatuan yang mengandung unsur-unsur atau elemen-elemen atau bagian-bagian yang terikat dalam satu kesatuan dan saling bergantung.

Sumber: http://sudaenipkn.files.wordpress.com/2010/06/bab-vi-sistem-politik.ppt

Pengertian Politik

Kata politik berasal dari bahasa yunani, yaitu polis, polis adalah kata yang berstatus negara/negara kota yang kegiatanya untuk kelestarian dan perkembangan kotanya.Adapun pengertian politik menurut Ramlan Surbakti adalah proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk mnentukan kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertent

Sumber: LKS PKN ,halaman 49 ,paragraf 1

Pengertian Sistem Politik

Pengertian Sistem Politik secara umum adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembuatan dan pengambilan kebijakan yang mengikat tentang kebaikan bersama antara masyarakat yang berada dalam suatu wilayah tertentu.

Di atas merupakan pengertian sistem politik secara umum, lantas bagaimana dengan pengertian sistem politik menurut para ahli ?

Silahkan baca uraian pengertian sistem politik menurut pandangan para ahli di bawah ini.

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

  • Sukarna
  • Pengertian sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengolah bagaiana memperoleh suatu kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan negara, atau negara dengan rakyatnya.

  • Robert dahl
  • Pengertian sistem politik merupakan pola yang tetap dari hubungan antara manusia serta melibatkan sesuatu yang luas dan berarti tentang kekuasaan, aturan-aturan dan kewenangan.
    David easton Sistem politik adalah interaksi yang diabstraksikan dari seluruh tingkah laku sosial sehingga nilai-nilai dialosikan secara otoritatif kepada masyarakat.

  • Rusadi kantaprawira
  • Pengertian Sistim politik merupakan mekanisme atau cara kerja serangkaian fungsi atau peranan dalam sistim politik yang berhubungan atau sama lain dan menunjukan suatu proses yang langgeng.

    Sumber: LKS PKN , halaman 49 ,paragraf 4

    Sistem Politik adalah kumpulan pendapat-pendapat dan lain-lain yang membentuk satu kesatuan yang berhubung-hubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur hubungan antara individu satu sama lainnya atau dengan negara dan hubungan negara dengan negara.

    Sumber: http://nofrialfaresita.vv.si/2013/01/pengertian-sistem-politik/

    CIRI-CIRI DAN KOMPONEN SISTEM POLITIK

    Ciri-Ciri Sistem Politik

    Menurut Gabriel A. Almond sistem polit memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
    1. Semua sistem politik termasuk yang paling sederhana mempunyai kebudayaan politik. Dalam pengertian bahwa masyarakat yang paling sederhanapun mempunyai sistem politik yang terdapat dalam masyarakat yang apaling fleksibel sekalipun. 
    2. Semua sistem politik menjalankan fungsi-fungsi yang sama walaupun tingkatanya berbeda-beda yang ditimbulkan karena perbedaan struktur. 
    3. Semua struktur politik baik pada masyarakat yang primitif maupun modern melaksanakan banyak fungsi. 
    4. Semua sistem politik adalah sistem campuran dalam pengertian kebudayaan. Secara rasional tidak ada struktur dan kebudayaan yang semuanya modern atau primitif, melainkan dalam pengertian kebudayaan, semuanya campuran antara unsur modern dan unsur tradisional. 
    Sumber:LKS PKN , halaman 50 , paragraf 2

    Komponen Sisitem Politik Menurut Samuel P.Huntingon komponen sistem politik meliputi:
    1. Kultur, yaitu nilai-nilai, sikap, orientasi, mitos dan kepercayaan yang relevan terhadap politik yang berpenagruh terhadap masyarakat 
    2. Struktur, yaitu organisasi formal dalam masyarakat yang digunakan untuk menjalankan keputusan-keputusan yang berwenang. 
    3. Kelompok, yaitu bentuk-bentk social dan ekonomi, baik formal maupun nonformal, yang berpartisipasi dalam mengajukan tuntutan-tuntutan terhadap struktur politik 
    4. Kepemimpinan, yaitu individu dalam lembaga-lembaga politik dan kelompok-kelompok politik yang menjalankan pengaruh lebih daripada yang lainnya dalam memberikan alokasi nilai-nilai 
    5. Kebijakan, yaitu pola-pola kegiatan pemerintahan yang secara sadar terbentuk untuk mempengaruhi distribusi keuntungan dalam masyarakat 
    Sumber: http://pojok-galo.blogspot.com/2012/09/sistem-politik-di-indonesia.html

    Demikian Artikel tentang "Pengertian Sistem Politik". Semoga bermanfaat.

    Reactions:

    1 comments:

    Post a Comment

     

    Email lists by business model

    Ping website at pingmyurl.com